Wednesday, September 26, 2007

Kesederhanaan di alam bebas


Seorang sahabat telah memberi pandangan dan pemahaman baru tentang mendaki gunung. Sahabatku itu bukan seorang yang menyatakan diri sebagai pecinta alam, terlebih bergabung dengan sebuah organisasi. Dia adalah sahabatku semasa kami masih duduk di bangku sekolah.

Bagi sahabatku, mendaki gunung adalah sebuah kesederhanaan, ya aktifitas sederhana dan dilakukan dengan sederhana. Dan tentunya pernyataan itu sedikit mengganggu pikiran kita yang terbiasa melakukan perjalanan secara terencana.

Seperti kita tahu, perencanaan merupakan separuh dari perjalanan. Bagi kita, perencanaan adalah gambaran tentang apa yang akan kita lakukan, tahapan-tahapan berserta segala tindakan antisipasi atas segala kemungkinan yang akan dihadapi dan ditemui. Dan semuanya dilakukan untuk meminimalkan resiko yang akan dialami.

Hidup di alam bebas memiliki romantika tersendiri. Ketika kita berada di dalamnya, ada perasaan tertentu yang tidak kita temukan di pojok-pojok penjuru kota manapun. Perasaan bebas dan lepas, perasaan memiliki segalanya. Perasaan menjadi dan memiliki diri sendiri.

No comments:

Post a Comment