Thursday, September 27, 2007

Pecinta Alam! ... Apaan Tuh ...!

Mengapa Kami tidak menyatakan diri sebagai organisasi pecinta alam?
 
    Benarkah kalian itu Pecinta Alam? Benarkah manusia-manusia dengan ransel di punggungnya itu pecinta alam? Benarkah mereka yang bermain di alam bebas harus menyatakan diri sebagai pecinta alam?
    Kalau memang benar kalian pecinta alam, kontribusi apa yang telah kalian berikan sebagai wujud kecintaan kalian terhadap alam? Menanam pohon! .... ah, kakekku pun banyak menanam pohon, namun tidak menyatakan diri sebagai pecinta alam. Tetangga di sebelah rumahkupun banyak menanam pohon namun tidak menyatakan diri sebagai pecinta alam.
    Operasi bersih! Ah, kalau begitu Pak Surip lebih layak menyandang gelar pecinta alam, karena dalam satu minggu sekali Pak Surip mengangkut sampah dari rumah ke rumah di lingkungan kami. Sedangkan Operasi bersih yang kalian lakukan hanya satu kali dalam satu tahun.
    Sapu gunung! Ah, di jalan-jalan ibu kotapun banyak yang seperti itu, dan mereka tidak menyebut dan disebut pecinta alam. Mereka dijuluki sebagai pasukan kuning.
    Loh kok pasukan kuning? Ya ... iyalah, karena warna seragam yang mereka gunakan berwarna kuning(padahal orange). Seandainya pakaian mereka diubah warnanya, tentunya sebutannyapun akan berubah. Tapi warna kuning memiliki makna tersendiri, kuning perlambang optimisme dan kekayaan. Sehingga para anggota pasukan kuning memiliki sikap optimis dan kekayaan hati untuk membuat ibukota selalu bersih, bener nggak ya...???
    Dalam berkegiatan di alam bebas, masalah cinta-mencintai alam merupakan masalah non teknis, masalah filosofis (apa coba...), masalah mentalitas, masalah etika, masalah moral, dan masalah tanggung jawab. Wah, berat nih!
    Tak ada masalah dalam berkegiatan alam bebas meskipun kita mencintai ataupun tidak. Namun, jika tidak bisa memperkirakan cuaca, mendirikan tenda, atau hanya sekedar mencampur kopi dengan gula, itu baru namanya bermasalah.
    Sehingga, soal cinta mencintai ini tidak dapat dimasukan ke dalam wilayah teknis. Maka dari itu dalam Pendidikan Dasar yang digelar untuk merekrut anggota baru tak ada materi teknik mengumpulkan sampah M sistem atau evakuasi sampah, atau, jangan-jangan ada!
    Mencintai alam merupakan kewajiban setiap manusia. Dan inipun tersirat di dalam kitab suci, sehingga mencintai alam menjadi kewajiban bagi seluruh umat manusia tanpa kecuali, menyukai ataupun tidak menyukai kegiatan di alam bebas.
    Mencintai alam merupakan pekerjaan keabadian, persoalan bagaimana menjaga keseimbangan di dalamnya. Persoalan bagaimana manusia menjaga sumber kehidupannya.
    Loh, kok sumber kehidupannya  sih? Saya kan penulis buku, lalu apa hubungannya dengan saya ... wong sumber kehidupan saya dari menulis buku, bukan dari alam? Lalu kertasnya dari mana Mas, kalau bukan dari pohon-pohon di alam!
    Apapun pekerjaannya, selama statusnya masih mahluk bernyawa, ketergantungan pada alam sebagai penyedia sumber daya sangatlah besar. So, siapa lagi yang menjaganya kalau bukan mahluk-mahluk yang mengisinya.
    Mencintai alam adalah tugas semua manusia, kewajiban bawaan yang telah ada sejak ubun-ubun keluar dari perut ibu kita.
    So, you tak perlu risau dan tak perlu ragu apalagi malu ... Katakan pada mereka, Calandra Adventures bukan pecinta alam, namun Calandra Adventures mencintai alam.
 
Coba bedakan ;
"Saya pembaca buku", dengan "Saya membaca buku".
"Aku pecinta kamu", dengan "Aku mencintai kamu"
"Kami pecinta alam", dengan "Kami mencintai alam".
Secara naluri, mana yang lebih bermakna?  
 
 

3 comments:

  1. Salam untuk semua anggota Caladra,ga brasa udah 15 tahun gw tinggalin dan ternyata masih eksis ampe skrg,ga nyangka ternyata adek2 kami tlah meneruskan tradisi ini bahkan sampai hari ini..Aplause dan haru jg bangga buat adek2.skrg saatnya tlg fasilitasi kami SANG PENDIRI CALANDRA ADVENTURE UNTUK BERTEMU(REUNI),nama gw Shendy nik gw lupa ....tp tlg tanya ma anggota lama tlg atur jadwal paling ga 6 bln dari skrg krna jadwal gw padet dan gw stay di riau...gw tunngu infonya.tq

    ReplyDelete
  2. salam jg buat kawan2 ada bogel yg slalu nanya ma gw gmana nyari cewek taunya dah marry duluan,,hehehee,,,ada patrice,,hey man u've got prob wth me okay...ada heru bob sang teatre kita"where r u bro??,ada ito sang pembawa nama Calandra,,wuih...pokonya bnyak bngt dah...

    ReplyDelete